Penyebab Sperma Encer

Sperma secara normal adalah berwarna putih dan kental, yang mengalami pembekuan selama sekitar 30 menit sehabis ejakulasi.

Warna putih yang dihasilkan adalah campuran antara warna yang jernih dengan putih susu.

Teksturnya juga lengket seperti jelly, dan jika ditempelkan di tubuh, maka tubuh akan terasa lengket dengan sperma tersebut.

Tekstur kental itu berfungsi agar sperma bisa bertahan lebih lama di area alat vital istri Anda.

Dan itu semua adalah ciri-ciri sperma yang sehat yang tentunya diharapkan oleh semua pria terutama yang sedang merencanakan keturunan, maupun untuk memuaskan sang istri.

Lalu bagaimana dengan sperma yang encer?

Penyebab sperma encer bisa terjadi karena beberapa faktor baik yang terjadi secara alami yang tidak bisa dihindarkan, atau bisa juga karena kesalahan atau tindakan dari pria tersebut yang menyebabkan air mani menjadi cair seperti air.

Dengan sperma yang sehat itu, akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kemungkinan memperoleh keturunan, meskipun pada dasarnya keturunan itu adalah pemberian Tuhan, namun manusia juga punya andil dalam menjaga dan merawat tubuhnya agar bisa memiliki kemungkinan tersebut.

Namun ada kalanya cairan sperma itu berwarna jernih tidak seperti biasanya.

Jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam jangka waktu panjang, maka ini akan membuat rasa khawatir pada pria dan membuat mereka menjadi tidak percaya diri.

Penyebab Sperma Encer Dan Cara Mengatasinya

1. Faktor usia yang belum matang

Remaja yang sudah mengeluarkan sperma, namun usianya belum matang secara seksual, akan menghasilkan sperma yang cair atau tidak kental.

bagaimana cara mengatasi sperma encer

Jika hal ini terjadi pada anak laki-laki remaja, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena masih kategori normal (alami).

Karena ini adalah kondisi alami, maka tidak memerlukan solusi khusus untuk mengatasinya.

Seiring dengan waktu, remaja laki-laki itu akan dewasa, dan pada saat dewasa secara usia dan seksual, spermanya akan berubah dengan sendirinya menjadi kental dan putih.

2. Terlalu sering masturbasi

Pria yang terlalu sering melakukan masturbasi atau seks tunggal, yaitu mengeluarkan spermanya sendiri, maka ini juga merupakan salah satu faktor penyebab sperma encer akibat perbuatan sendiri.

apa penyebab sperma laki laki encer

Karena produksi sperma dalam tubuh pria memerlukan waktu untuk matang, jadi jika sering dikeluarkan, kesempatan atau waktu untuk mematangkan kembali yang lainnya tidak sempat.

Hal ini mengakibatkan pengeluaran sperma yang belum matang akan keluar, dan sperma yang belum matang tersebut berbentuk bening atau kurang kental.

Agar hal ini tidak terjadi, maka disarankan agar para pria tidak terlalu sering melakukan masturbasi tersebut.

Masturbasi itu hanya diijinkan baik dari segi kesehatan maupun dari sisi agama, hanya untuk keadaan darurat saja.

Seperti jika suami istri berada dalam jarak yang berjauhan karena suatu kondisi, maka untuk memenuhi birahi, baik suami atau istri sering melakukan masturbasi atau onani tersebut.

3. Jumlah sperma tidak banyak

Jumlah normal untuk sperma pria adalah 15 juta per milimeter air mani, yang disebut dengan istilah ogliospermia.

penyebab ejakulasi dini dan sperma encer

Jumlah sperma yang sedikit itu bisa disebabkan karena pola makan yang tidak sehat, kurang mengkonsumsi makanan bergizi, dan bisa juga karena kondisi tubuh yang sedang letih.

Selain sedikit, sperma yang dihasilkan oleh pria yang tidak subur, akan memiliki aroma yang bau.

Jika spermanya normal, maka aroma yang ditimbulkan adalah seperti wangi daun akasia.

Sperma yang jumlahnya kurang banyak itu bisa berakibat fatal bagi pria jika terjadi terus menerus, karena bisa menyebabkan impotensi atau susah memperoleh keturunan.

Solusi untuk masalah ini dengan rajin mengkonsumsi makanan penambah sperma, seperti brokoli, asparagus, cokelat hitam, bawang putih, pisang, kacang walnut, dan makanan alami lainnya.

Selain mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak, juga bisa diatasi dengan memakan suplemen yang mengandung L-karnitin dan L-arginine yang diketahui sebagai suplemen untuk menambah jumlah sperma, dan juga menghasilkan sperma yang kental.

Atau bisa juga dengan mengkonsultasikannya kepada dokter langganan, menjalani pengobatan secara medis, mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter.

Dengan teliti dan disiplin mengkonsumsi obatnya, maka ini akan membantu Anda untuk mengatasi sperma yang cair ini.

4. Kekurangan fruktosa

Defisit atau kekurangan fruktosa ini diakibatkan karena pola hidup yang kurang baik, pola makan yang kurang baik, terlalu banyak berolahraga.

Dan kekurangan fruktosa tersebutlah salah satu penyebab sperma encer dan bening.

penyebab sperma encer dan cepat keluar

Jadi Anda harus menjaga makanan yang dimakan setiap harinya, hindari minuman alkohol dan merokok, karena hal itu akan mempengaruhi jaringan peredaran sperma yang menjadi sperma menjadi encer.

Jika Anda suka berolahraga, hendaknya melakukannya dengan porsi yang standard, jangan terlalu dipaksakan yang membuat tubuh menjadi letih.

5. Ejakulasi dini

Ejakulasi terjadi biasanya beberapa menit setelah proses penetrasi.

Hubungan intim yang dimulai dari pemanasan atau foreplay, dilanjutkan dengan penetrasi atau memasukkan penis ke dalam vagina, dan diakhiri dengan ejakulasi.

cara mengatasi sperma lelaki encer

Ejakulasi yang memuntahkan cairan semen dan mengandung sperma tersebut normalnya terjadi dalam beberapa menit setelah suami istri merasa kepuasan yang maksimal dari penetrasi tersebut.

Namun jika baru saja memulai penetrasi sudah langsung ejakulasi atau cepat keluar, maka hasil dari ejakulasi tersebut akan menghasilkan sperma yang encer.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda sebaiknya rajin mengkonsumsi makanan yang dapat menambah stamina, menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup sebelum melakukan hubungan intim agar dapat melakukannya lebih lama.

Untuk usia yang sudah lanjut, ejakulasi dini wajar terjadi karena faktor kekuatan fisik yang tentunya akan berkurang karena sudah tua.

Jadi Anda tidak perlu memaksakan diri dengan banyak mengkonsumsi obat-obatan penambah energi, karena terlalu banyak memakan obat akan berpengaruh negatif bagi tubuh.

6. Ejakulasi di dalam

Hal ini dikenal dengan istilah retrogade ejaculation, dan sering dianggap sebagai tanda-tanda pria yang tidak subur.

Dalam kondisi ini, pria tidak mengalami ejakulasi sehabis melakukan hubungan intim.

penyebab terjadinya sperma encer

Dia tidak mengeluarkan cairan sperma yang seharusnya dikeluarkan.

Bisa juga cairan itu keluar tapi jumlahnya sedikit dan bentuknya encer.

Hal ini sangat ditakutkan karena tidak bisa membuat wanita atau istri menjadi hamil, karena sperma yang encer tersebut tidak bisa membuahi sel telur.

Jika pria menghadapi masalah seperti ini, harus segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter, dan dokter akan memberikan obat-obatan seperti imipramine atau pseudoephedrine, dan dengan memakan obat-obatan itu, Anda akan cepat mengatasi masalah sperma encer ini.

7. Pemakaian celana dalam yang ketat

Air mani juga bisa menjadi tidak sehat jika Anda terlalu sering memakai celana ketat, baik celana luar maupun celana dalam.

faktor penyebab sperma encer

Celana yang terlalu ketat akan membuat penis Anda tidak lembab dan memiliki temperatur yang panas.

Temperatur yang panas tersebut akan mempengaruhi produksi sperma di testis, dan akan menyebabkan sperma menjadi tidak sehat atau encer.

Jadi disarankan agar Anda menghindari pemakaian celana ketat terlalu sering.

Untuk celana dalam yang dipakai sehari-hari di rumah, Anda bisa menggunakan boxer yang lebih memiliki ukuran yang lega dan tidak ketat.

Memang sperma itu tidak selalu konsisten kental dan banyak, namun jika terlalu sering menghasilkan sperma yang encer, Anda harus segera mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya dan segera atasi agar tidak menjadi pengganggu dalam hubungan suami istri Anda.

Penyuka bulu tangkis yang juga hobi berenang. Menyukai hal – hal dewasa jika ditinjau dari segi kesehatan. Temukan saya di facebook: Zaid Abdurrahman.

CLOSE