Donor Sperma

Pasangan menikah tentunya menginginkan keturunan dari hasil pernikahan mereka.

Namun ada beberapa faktor yang tidak memungkinkan pasangan tersebut tidak bisa memperoleh keturunan, salah satunya adalah suami yang tidak subur.

Sang suami tidak bisa menghasilkan sperma sama sekali, atau menghasilkan sperma tapi sperma tersebut tidak sehat dan tidak bisa membuahi sel telur istrinya, sehingga sang istri tidak bisa hamil.

Maka untuk memenuhi keinginan memiliki keturunan tersebut, beberapa pasangan suami istri memutuskan untuk mendapatkan donor sperma, yaitu mendapatkan sperma dari pria lain tapi tidak dengan melakukan hubungan intim.

Sperma tersebut dihasilkan oleh pria tanpa dimasukkan ke dalam vagina perempuan, namun disimpan dengan media penyimpanan khusus yaitu tabung, untuk kemudian diberikan kepada wanita yang mencari donor dengan menggunakan suntikan.

Sperma dari pendonor tersebut bisa juga dibutuhkan oleh wanita lajang yang sudah berusia dan tidak mau atau tidak bisa menikah, sedangkan dia membutuhkan keturunan.

Maka solusinya adalah dengan mencari pendonor yang bersedia mendonorkan spermanya.

Hal-hal Yang Harus Diketahui Tentang Donor Sperma

1. Donor harus dilakukan di luar negeri

donor sperma indonesia

Donor sperma di Indonesia sampai saat ini belum lazim, dan secara agama juga dianggap sebagai zinah karena seorang wanita harus mengandung dan melahirkan anak yang berasal dari sperma laki-laki yang bukan muhrimnya.

Maka dari segi agama, tidak disarankan untuk wanita mengambil donor sperma dari laki-laki lain.

Jika dia hendak memiliki anak, lebih baik dia melakukan adopsi atau mengangkat anak yang tidak memiliki orang tua.

Selain masalah agama, secara hukum juga di Indonesia tidak mengijinkan perempuan mendapatkan sperma dari laki-laki selain suami yang sah secara hukum karena masalah mendonorkan sperma akan menimbulkan efek di masa mendatang antara si pendonor dengan wanita yang menerima donor.

Namun ada juga yang melakukan donor sperma di Jakarta tapi biasanya dilakukan secara individual, dimana pihak pendonor dan pihak yang membutuhkan donor bertemu dan membuat kesepakatan untuk melakukan donor tersebut.

Perlu hati-hati dalam melakukan secara individu ini, karena segala resiko dan tanggungjawab tidak diawasi dan dilindungi secara hukum.

Misalnya nanti akan ada perebutan atas hak asuh anak, maka negara tidak bisa memberikan perlindungan terhadap pihak manapun untuk memenangkan kasus tersebut.

Dan jika Anda adalah pria yang akan mendonorkan darah, harus diperhatikan juga tentang permintaan akan sperma dari orang-orang yang bertanggung jawab.

Baru-baru ini terjadi kasus tentang donor sperma UGM.

Pada waktu itu beredar broadcast bahwa mahasiswa yang mau mendonorkan spermanya dengan cara masturbasi akan dibayar Rp 50.000.

Setelah diselidiki oleh pihak Fakultas Kedokteran UGM, ternyata diketahui bahwa hal itu tidak benar dan penipuan yang mengatasnamakan FK UGM tersebut.

Jadi untuk pendonor sperma, jangan sampai kejadian yang tidak bertanggungjawab seperti itu terjadi pada Anda.

2. Jumlah pendonor

donor sperma di jepang
aktivitas yang terlalu sibuk dapat menurunkan kualitas sperma

Di negara China ataupun Taiwan, saat ini mengalami kekurangan pendonor sperma, karena para pria di China, Taiwan, Shanghai dan sekitarnya semakin banyak yang tidak subur akibat tingkat kesibukan yang sangat tinggi.

Seperti diketahui, jika pria kurang sehat, kurang istirahat, pola hidup tidak sehat, maka sperma yang dihasilkan tidak sehat, sehingga mempersulit kemungkinan membuahi ovum.

Sedangkan wanita atau para istri yang membutuhkan sperma tersebut sangat banyak, melebihi angka para pendonor sperma saat ini.

Maka para wanita tersebut sering menunggu adanya pendonor sperma sampai bertahun-tahun.

Kekurangan jumlah pendonor itu selain disebabkan pria yang tidak subur, juga disebabkan oleh pemikiran mereka yang masih tradisional, sehingga untuk melakukan donor sperma di China menjadi sesuatu yang agak memalukan.

Jadi jika Anda membutuhkan seorang pendonor, maka perhatikan dulu apakah jumlah pendonor mencukupi di daerah tersebut.

Jika tidak cukup, maka Anda harus mencari di negara lain seperti Amerika, Canada, Los Angeles.

Di negara-negara tersebut, donor sperma itu sah secara hukum.

Tapi jika Anda melakukan donor di negara lain, harus diperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku di negara tersebut, jangan sampai ada pihak yang dirugikan.

3. Cara melakukan donor sperma

tempat donor sperma di indonesia

Dalam melakukan donor sperma, harus diperhatikan tidak boleh ada sentuhan fisik secara langsung antara laki-laki pendonor dan wanita penerima sperma yang di donorkan.

Donor harus dilakukan dengan cara menyuntikkan sperma yang berada dalam tabung ke vagina wanita dengan menggunakan suntik.

Proses penyuntikan itu sebaiknya dilakukan pada masa subur agar kemungkinan berhasilnya tinggi.

4. Memeriksa sperma dari kemungkinan penyakit

suster cantik donor sperma

Anda mendapatkan sperma biasanya dari orang yang tidak dikenal.

Karena jika sperma itu berasal dari orang yang dikenal, masalah kedepannya akan lebih banyak ditemukan, seperti hak pengakuan dan sebagainya.

Untuk menghindari hal itu, secara hukum dan keamanan untuk calon bayi, tentu lebih aman menggunakan sperma dari orang yang tidak dikenal.

Namun harus diperhatikan, apakah pendonor memiliki riwayat penyakit berbahaya dan menular.

Jika pria memiliki penyakit menular, bukan tidak mungkin bahwa penyakit itu akan menurun kepada bayi yang dihasilkan dari sperma.

Jadi harus diperhatikan dan ditanyakan kepada klinik atau rumah sakit tempat Anda mendapatkan donor.

Walaupun Anda tidak akan diberitahukan tentang identitas pendonor, namun Anda bisa mendapatkan informasi tentang etnis, karakter pribadi yang spesifik dan riwayat penyakitnya.

5. Ketahui tentang hukum yang berlaku untuk pendonor dan penerima sperma.

foto donor sperma di china

Anda wajib mengetahui hal ini, sebab jika Anda tidak mengetahuinya sejak awal, maka kedepannya dikhawatirkan akan mengalami berbagai masalah di bidang hukum tentang hak si pendonor.

Seperti misalnya, pendonor tidak berhak menganggap anak yang dihasilkan dari sperma itu sebagai anaknya, jadi dia bukanlah orangtua dari anak tersebut.

Hak sebagai orangtua hanya dimiliki oleh wanita yang mengandung sperma atau penerima sperma tersebut.

Jadi si pendonor tidak berhak atas nama anak, meminta anak itu jika sudah lahir, meminta hak untuk membesarkan dan sebagainya.

Ini harus ditegaskan dari awal, baik untuk pendonor yang dikenal maupun yang tidak dikenal.

6. Tempat donor sperma

fungsi bank sperma
Bank sperma di Jerman

Anda bisa melakukan proses mendonorkan sperma atau menerima donor di tempat-tempat yang legalitasnya jelas.

Seperti di klinik yang terdaftar secara resmi maupun rumah sakit yang memang dikenal sebagai agen atau perantara untuk pendonor.

Tujuannya untuk pendonor adalah agar sperma yang didonorkan itu bisa digunakan oleh wanita yang benar-benar membutuhkan sperma tersebut dan bukan untuk diperjualbelikan demi kepentingan pribadi.

Selain di klinik yang resmi, Anda juga bisa menjualnya di bank sperma, yang merupakan perantara antara pendonor dan penerima donor.

Disini akan dirahasiakan identitas masing-masing untuk menjaga privasi dan masalah hak milik atas anak yang dihasilkan dari sperma.

7. Pemeriksaan intensif untuk pendonor

cerita donor sperma

Sebelum mendonorkan sperma, pria harus dicek terlebih dahulu untuk untuk air mani yang dihasilkan apakah cukup layak untuk didonorkan.

Air mani atau sperma itu bisa dipengaruhi oleh usia pendonor, pekerjaan dan pola makannya.

Usia yang baik untuk pendonor adalah 18-39 tahun.

Jika Anda sudah bertekad untuk melakukan donor maupun mendapatkan donor, sebaiknya pertimbangkan secara matang dan diskusikan dengan keluarga terdekat agar tidak menyesal kemudian.

Penyuka bulu tangkis yang juga hobi berenang. Menyukai hal – hal dewasa jika ditinjau dari segi kesehatan. Temukan saya di facebook: Zaid Abdurrahman.

CLOSE