Ciri Sperma Sehat

Sperma yang dihasilkan pria sangat banyak jumlahnya dalam satu kali proses ejakulasi.

Namun sperma yang jumlahnya mencapai puluhan juta tersebut akan masuk ke dalam tubuh wanita, namun sperma itu tidak akan bisa bertahan lama di dalam tubuh wanita.

Sperma juga tidak akan tahan lama di tempat kering seperti di sprei.

Sprei hanya bisa bertahan lama di dalam air, terutama air hangat.

Dalam hitungan menit saja, sperma yang masuk ke dalam lubang vagina wanita akan gugur dan tidak bisa membuahi sel telur.

Hanya ada 1 sperma saja yang akan berhasil masuk menembus dinding sel telur tersebut.

Itupun jika sperma tersebut memiliki ciri sperma sehat, yang mampu berlari cepat dan kuat melalui berbagai rintangan sebelum memasuki sel telur itu.

Karena sering sekali terjadi dimana tidak satupun sperma yang berhasil masuk menembusnya.

Meskipun jutaan sperma yang dihasilkan, bisa jadi semuanya gugur, dan inilah permasalahan yang sering dialami oleh laki-laki yang dinyatakan tidak subur atau impotensi.

Kesuburan laki-laki memang banyak diukur atau ditentukan dengan banyaknya sperma yang dihasilkan dan subur atau tidaknya sperma yang dihasilkan tersebut.

Pria yang tidak subur cenderung menjadi minder atau tidak percaya diri dan secara psikologis akan mengalami banyak gangguan.

Dengan mengalami gangguan tersebut, maka keadaan bukannya semakin baik, malah akan memperburuk keadaan jika tidak segera diatasi.

Karena sperma memegang peranan yang begitu penting dalam memperoleh keturunan.

Ciri Sperma Sehat dan Subur

1. Memiliki tekstur yang kental

cara membuat sperma sehat

Tekstur yang kental ini terlihat seperti cairan pada semen, makanya sering disebut sebagai cairan semen.

Warnanya putih, jika dipegang seperti sebuah lendir yang lengket, sperma memang memiliki tekstur yang lengket di badan.

Jika sperma itu agak cair, sebaiknya Anda sering dan rutin mengkonsumsi madu, karena madu bisa membantu mengentalkan sperma pada pria.

Biasanya sperma yang encer itu dihasilkan apabila Anda terlalu letih, kurang istirahat dan daya tahan tubuh sedang kurang bagus.

Minuman beralkohol juga mempengaruhi sperma menjadi encer, karena alkohol tersebut menyumbat aliran sperma sehingga sperma yang terbentuk tidak bisa kental.

Maka sebaiknya Anda menggantikannya dengan rajin minum jus buah.

2. Jumlah sperma yang banyak

makanan untuk sperma sehat

Sekali produksi atau keluar, sperma akan berjumlah jutaan bahkan ada yang mencapai puluhan juta.

Bayangkan saja setiap pria mengalami ejakulasi, penisnya akan memuntahkan cairan putih yang berisi puluhan juta sperma.

Untuk mengukur berapa banyak sperma yang Anda keluarkan, itu bisa diukur dengan takaran sekitar 1-2 sendok makan.

Saat Anda mengalami ejakulasi dan mengeluarkan sperma, perkirakan apakah jumlah cairan itu mencapai 1-2 sendok makan, jika mencapai maka jumlah tersebut termasuk normal.

Namun jika jumlah cairan sperma itu tidak mencapai bahkan 1 sendok makan, hanya sedikit, itu pertanda sperma yang Anda hasilkan adalah sedikit.

Itu harus segera diatasi karena lama-kelamaan, hal ini akan menyebabkan ejakulasi kering, atau dengan kata lain tidak ada sperma yang akan dihasilkan nantinya.

Namun sperma yang banyak juga dihasilkan dengan usaha yang cukup keras, yaitu rajin mengkonsumsi makanan-makanan penambah jumlah sperma, menjaga pola hidup dan daya tahan tubuh.

Sperma yang jumlahnya sedikit ini juga dapat membuat pria menjadi kurang percaya diri, merasa dirinya kurang perkasa, tidak sehat atau tidak subur, tidak bisa membahagiakan istri dan sebagainya.

Dan itu akan membuat daya tahan tubuhnya semakin lemah dan loyo.

Itu sebabnya banyak pria yang mengeluarkan dana sangat banyak hanya untuk mengembalikan kemampuannya menghasilkan sperma yang banyak, dengan pengobatan medis dan sebagainya.

Padahal Anda bisa mengatasinya dengan mengatur pola hidup dan pola makanan saja.

Makanan-makanan dan berbagai suplemen penambah sperma cukup banyak yang bisa Anda konsumsi secara alami, seperti kacang walmut, dark chocolate, bawang putih, brokoli, asparagus, dan lain-lain.

3. Berwarna putih

contoh sperma sehat

Ciri lainnya adalah dilihat dari warnanya dengan kasat mata.

Jika warnanya putih, maka tidak diragukan sperma Anda adalah jenis sperma yang sehat, normal dan ada kemungkinan Anda akan berhasil mendapatkan keturunan.

Warna yang putih tapi ada sedikit kekuningan juga masih tergolong normal dan sehat, jadi Anda tidak perlu takut dan khawatir apabila menemukan sperma Anda berwarna putih kekuningan.

Namun jika sperma Anda berwarna kemerahan, itu artinya sperma tersebut tidak sehat, dan Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter yang spesialis menangani masalah kelamin, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Lengket

rasa sperma sehat

Tekstur sperma yang bagus dan sehat juga memiliki ciri kental seperti jelly atau kanji.

Jika sperma itu menempel di badan, maka akan benar-benar terasa lengket.

Itu sebabnya jika sperma pria dikeluarkan dan disemprotkan ke tubuh wanita, biasanya bagian dada atau perut, maka sehabis berhubungan wanita biasanya akan mandi untuk membersihkan lengket-lengket tersebut.

Jika sperma yang Anda hasilkan tidak lengket, maka Anda harus segera memeriksa ke dokter dan meminta saran apa yang harus dilakukan agar sperma itu menjadi subur.

5. Berbau seperti daun akasia

cara mengetahui sperma sehat

Sperma yang sehat memiliki aroma atau bau seperti daun akasia.

Jika pada saat ejakulasi Anda mencium aroma seperti daun akasia tersebut, itu artinya sperma Anda dalam keadaan sehat dan berkualitas.

Namun jika menimbulkan bau yang tidak sedap, itu pertanda sperma yang tidak sehat, dan juga bisa mengganggu hubungan Anda berdua pada saat melakukan hubungan intim.

6.Frekuensi Pria dalam menghasilkan sperma dalam sehari

agar sperma sehat dan berkualitas

Jika pria bisa menghasilkan atau mengeluarkan sperma berkali-kali dalam sehari, maka pria tersebut berada dalam kondisi sehat dan daya tahan tubuh bagus, sehingga menghasilkkan sperma yang sehat juga.

Dalam satu kali berhubungan intim, pria mengalami ejakulasi dan mengeluarkan sperma.

Lalu setelah beberapa jam kemudian masih bisa melanjutkan hubungan intim itu lagi, ejakulasi dan kembali menghasilkan sperma lagi, maka itu pertanda yang bagus.

7. Gerakan sperma cepat dan gesit

tips sperma sehat

Sperma yang dihasilkan sebanyak jutaan tiap ejakulasi, akan berlomba-lomba berlari dengan kencang menuju sel telur.

Satu sama lain sperma tersebut akan saling mendorong untuk maju.

Sperma yang berbentuk kecebong itu akan terus berlari dan tidak dengan didahului oleh kepala dan diikuti oleh ekornya.

Sperma berlari dan berenang melewati rahim dan saluran tuba wanita.

Sperma itu berlari dengan cepat karena banyak proses dan saluran yang harus dilalui, jika kelamaan diluar sel telur, maka sperma tersebut akan mati sebelum mencapai sel telur.

Dengan mengetahui ciri sperma tersebut, maka Anda bisa mengantisipasi jika sewaktu-waktu menemukan bentuk dan ciri sperma yang tidak sehat, Anda bisa langsung melakukan check up ke dokter.

Dan juga Anda bisa segera memperbaiki pola makanan dan pola hidup sehat untuk bisa menghasilkan sperma yang berkualitas tersebut.

CLOSE