Bank Sperma

Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang semakin canggih sekarang ini, tentunya mendapatkan menjadi suatu kemungkinan yang hampir pasti bisa didapatkan.

Bahkan untuk seorang suami yang dinyatakan mandul atau impotensi, hal itu sudah bukan masalah yang membuat mustahil memperoleh keturunan tersebut.

Hal itu bisa didapatkan dengan mendapatkan donor sperma yang nantinya akan disuntikkan ke dalam rahim wanita yang akan membuahi rahim tersebut sehingga memungkinkan wanita untuk hamil walaupun suami tidak subur.

Donor sperma lebih aman jika didapatkan di bank sperma.

Bank sperma adalah suatu tempat untuk membekukan sperma laki-laki dan akan dijual kepada wanita yang memerlukan donor untuk mendapatkan anak.

Latar belakang didirikannya bank sperma adalah dengan banyaknya kebutuhan dari wanita maupun pasangan yang membutuhkan keturunan namun tidak bisa menghasilkannya sendiri, dan banyaknya pria yang sering masturbasi menghasilkan sperma yang tidak terpakai.

Jadi dengan kata lain, fungsi bank sperma itu adalah perantara antara pria yang ingin mendonorkan darahnya dengan wanita yang ingin mendapatkan sperma dari orang lain yang bukan suaminya.

Bank Sperma di Berbagai Negara Dunia

1. Bank sperma di Indonesia

bank sperma shanghai
*gambar hanya ilustrasi

Anda mungkin pernah mencari tentang bank sperma yang ada di Indonesia.

Anda hendak melakukan donor maupun mendapatkan donor sperma, dan berusaha mendapatkannya di Indonesia, namun tidak menemukannya.

Untuk bank sperma memang belum ada di Indonesia, jadi Anda tidak akan menemukannya disini.

Hal itu karena donor sperma tidak diijinkan baik secara hukum maupun secara agama.

Jika Anda memang ingin memiliki keturunan, disarankan bagi Anda untuk memperbaiki pola hidup agar suami dan istri sama-sama sehat.

Untuk suami yang memiliki sperma tidak sehat, bisa melakukan pengobatan.

Atau bisa juga dengan infertilitas, program bayi tabung dan juga inseminasi buatan, dimana sel telur dan sperma dari pasangan yang sah akan disatukan dan dilakukan pembuahan secara buatan.

Penegasan tentang dilarangnya donor sperma diatur dalam Undang-undang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah tentang Kesehatan Reproduksi Nomor 41 tahun 2014.

Dalam peraturan dan Undang-undang tersebut, baik bayi tabung maupun inseminasi harus dilakukan oleh pasangan suami istri yang sah.

Dalam pandangan Islam, hal ini juga diatur dalam Fatma MUI yang melarang donor sperma, mengharamkan praktek jual beli sperma.

Hanya donor ASI saja yang diperbolehkan di Indonesia.

Informasi tentang donor sperma tersebut bisa juga Anda dapatkan dari beberapa makalah yang membahas tentang itu.

Anda perlu mencari tahu agar mengerti dampak apa saja yang akan muncul jika memaksakan program pembelian sperma tersebut.

Tentunya tidak ada bank sperma di kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta.

2. Bank Sperma di Denmark

pengertian bank sperma
*gambar hanya ilustrasi

Di Denmark terdapat suatu kota bernama Cyros yang memiliki bank sperma terbesar di dunia.

Bank sperma ini didirikan oleh seorang mahasiswa pasca sarjana Bisnis pada tahun 1981 yang sangat tertarik dalam melakukan observasi tentang penyimpanan sperma.

Lalu dia melakukan masturbasi beberapa kali, kemudian membekukan sperma yang disimpan dalam botol dan dimasukkan ke freezer.

Ternyata observasinya tersebut menunjukkan bahwa sperma yang dibekukan bisa bertahan dengan lama bahkan bertahun-tahun.

Lalu mahasiswa yang bernama Ole Schou ini mendirikan perusahaan yang menampung sperma dari setiap pria yang ingin mendonorkan spermanya, dan mencari pelanggan yang menginginkan sperma tersebut.

Saat ini, sperma yang disimpan dalam bank miliknya sudah mencapai 170 liter, dibeli oleh berbagai pasangan maupun wanita lajang dari berbagai negara, sekitar 70 negara, dan bahkan menghasilkan sekitar 2000 orang bayi per tahunnya.

Pada awal operasionalnya, Schou mencari para pendonor yang mau mendonorkan darahnya secara langsung atau door to door.

Hampir setiap pria yang dijumpai akan ditanyakan kesediaan untuk mendonorkan spermanya.

Namun saat ini, dengan iklan yang dipasang secara intensif, baik dalam video maupun selebaran, sehingga dia tidak perlu repot mencari pelanggan, malah sebaliknya pelanggan yang banyak datang mencari perusahaannya.

3. Bank Sperma China

bank asi dan bank sperma

Di negara China atau Shanghai juga menganggap jual beli sperma adalah legal atau sah dan Anda juga bisa menjumpai bank sperma di negara ini.

Namun stok sperma di China masih tergolong sedikit, tidak seperti di Denmark.

Hal ini disebabkan oleh 2 hal, yang pertama adalah kondisi para pria disana yang terlalu sibuk dan sering lelah dalam bekerja yang mengakibatkan sperma tidak layak untuk didonorkan.

Dan hal kedua adalah masalah sosial.

Masih banyak orang-orang di Shanghai yang merasa malu untuk mendonorkan darahnya.

Dan juga sebaliknya, banyak wanita yang malu untuk datang membeli sperma ke bank sperma walaupun sudah ada banyak film yang menayangkan tentang donor sperma tersebut.

4. Bank Sperma di Malaysia

bank sperma di amerika
*gambar hanya ilustrasi

Malaysia adalah negara yang mayoritas penduduknya muslim, namun disana memperbolehkan adanya transaksi jual beli di bank sperma.

Untuk wanita yang ingin mendapatkan sperma dari bank akan diperiksa terlebih dahulu dari segi usia, apakah masih bisa dan mampu untuk melahirkan, apakah belum mencapai masa menopause, rahimnya kuat atau tidak.

Sedangkan untuk pria yang akan mendonorkan sperma di bank, akan dilakukan serangkaian medikal check up untuk memastikan bahwa sperma yang didonorkan bebas dari penyakit seperti HIV dan penyakit lainnya.

Juga di cek apakah pria pendonor itu tidak ada kaitan dengan penyakit kejiwaan dan penyakit lainnya.

Namun di negara ini, Anda tidak bisa memilih jenis kelamin sperma yang akan dibeli.

5. Bank Sperma di Singapura

lokasi bank sperma di indonesia

Singapura juga mengijinkan transaksi jual beli sperma, dengan syarat jika suami istri sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memiliki keturunan namun mengalami kegagalan.

Proses pengambilan sperma di bank sperma di negara ini yaitu harus merupakan pasangan suami istri, menunjukkan sertifikat menikah atau surat kawin, dan atas persetujuan kedua belah pihak.

Selain itu melarang wanita berusia 45 tahun atau sebelum 45 tahun yang sudah mengalami menopause untuk mengajukan permintaan donor sperma.

6. Bank Sperma di Amerika

cara kerja bank sperma

Di beberapa negara bagian Amerika juga mengijinkan traksaksi jual beli di bank sperma, Ssperti negara Canada dan Los Angeles.

Bahkan di negara tersebut, ada juga pasangan homoseksual yang melakukan pendonoran sperma dan juga mengajukan permintaan sperma.

7. Bank Sperma di Jerman

fungsi bank sperma

Negara Jerman juga memiliki peraturan terkait tentang donor sperma, dimana pria yang akan melakukan donor harus atas persetujuan istrinya.

Dan juga sebaliknya, wanita yang akan menerima donor atas persetujuan suaminya.

Memilih jenis kelamin anak dilarang di negara ini, kecuali jika ingin melindungi anak dari penyakit genetis dan berkaitan dengan masa depan si anak.

Sebenarnya yang diijinkan adalah penyuntikan sperma dari suami ke istri yang sah.

Namun dalam hal sperma suami tidak subur, bisa diijinkan mendapat sperma dari laki-laki lain dengan memenuhi sejumlah persyaratan.

8. Bank Sperma di Inggris

hukum bank sperma di indonesia

Peraturan di bank sperma Inggris, donor sperma tidak diijinkan untuk pasangan yang sejenis dan wanita yang belum menikah.

Namun harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan matang tentang masa depan bayi yang akan dilahirkan nanti lewat insemnia tersebut.

9. Bank Sperma di Perancis

bank sperma di surabaya

Di negara ini juga tidak mengijinkan jika sperma diperjualbelikan oleh pasangan homoseksual.

Pasangan yang boleh melakukan donor sperma dan pembelian sperma adalah pasangan yang sudah menikah minimal 2 tahun namun belum memiliki keturunan.

Untuk mensosialisasikan tentang bank atau ‘lembaga’ penyimpanan sperma yang dilarang di Indonesia, sudah dilakukan beberapa seminar dengan materi tersebut, agar masyarakat mempertimbangkan faktor agama, hukum, kesehatan dan kesejahteraan masa depan anak jika hendak melakukan donor sperma tersebut.

Oh iya, mungkin selanjutnya akan di bahas tentang Bank Sperma di Jepang.

Penyuka bulu tangkis yang juga hobi berenang. Menyukai hal – hal dewasa jika ditinjau dari segi kesehatan. Temukan saya di facebook: Zaid Abdurrahman.

CLOSE